Kursi-Kursi Desainer Legendaris yang Mendunia!

Sejak abad 20 telah muncul berbagai macam desain kursi yang klasik dan beberapa kursi terkenal di dunia yang memiliki unsur fungsional dan juga estetika. Pada zaman sekarang, kursi-kursi tersebut sudah mulai masuk ke dalam kehidupan sehari-hari kita dengan harga yang merakyat. Setelah melihat jenis-jenis kursi mendunia ini apakah kamu juga ingin memiliki satu macam untuk koleksi?



Dalam seumur hidup kita akan duduk sangat banyak kursi. Ketika fungsi dan visualisasi sebuah kursi dikolaborasi, dia bukanlah hanya sebuah kursi yang biasa, akan tetapi sebuah karya seni.



Nah kali ini Mike & Milo akan memperkenalkan beberapa macam kursi, semua adalah hasil karya yang sungguh klasik dari desainer terkenal. Membawa pulang sebuah desain yang klasik untuk menikmati kehidupan Anda yang berselera.


— ❶ —
Eames Plastic Chair

Eames didesain oleh sepasang desainer suami istri terkenal dari Amerika, Charles dan Ray Eames. Kelahiran kursi ini disebut sebagai cara dalam mengubah posisi duduk manusia. Kursi Eames sendiri mempunyai desain yang minimalis dan klasik, dapat digabungkan dengan gaya desain apapun.



Ide kursi Eames ini berasal dari inspirasi Menara Eiffel, memanfaatkan besi batangan dan plastik yang dibentuk untuk menciptakan sebuah kursi berkualitas tinggi yang ekonomis, tidak berat, dan kokoh. Kursi yang mencerminkan level kualitas tertinggi untuk gaya desain modern ini diletakkan di dalam rumah kamu pasti bakal meningkatkan kualitas hidupmu!



Kursi Eames mempunyai berbagai macam jenis warna, untuk warna yang sangat tidak biasa, modal pembuatannya cenderung lebih tinggi. Permukaan kursi dengan material fiberglass membuat kursi Eames menjadi lebih bertekstur. Kursi kaki dengan material kayu beech sangat awet dan kuat. Steel frame di bagian bawah dudukan kursi membuat kursi lebih aman dan juga ramah lingkungan. Bentuk kursinya yang serba cocok dengan gaya desain apapun, dapat diletakkan di ruang kerja atau belajar maupun di ruang makan.


— ❷ —
Peacock Chair

Peacock chair adalah sebuah kursi yang didesain oleh Hans Wegner dan mulai diproduksikan pada tahun 1947. Sandaran kursi terbuat dari banyak list kayu yang disusun rapi dan bentuknya mirip ekor dari burung merak, maka itu dinamakan peacock chair atau kursi merak. Desain yang sangat spesial dan unik dapat diletakkan di ruang manapun.



Peacock chair selain memiliki bentuk yang original, juga ditransformasikan ke dalam bentuk kursi goyang yang diletakkan di balkon atau di sisi sudut kecil manapun.



Peacock chair yang elegan ini semua dibuat dari kayu solid, sehingga terlihat sangat bertekstur. Dengan material kayu sungkai atau juga ash wood membuat semua permukaan sisi kursi menjadi mulus dan jelas teksturnya. Material yang digunakan pada sandaran tangan benar-benar membuat struktur dan garis-garis terlihat jelas dan sungguh berestetika. Sandaran kursi mirip bentuk ekor merak, tidak hanya dengan bentuk unik tetapi juga mempunyai serat kayu yang indah.


— ❸ —
Diamond Chair

Diamond chair yang merupakan karya desain dari Harry Bertoia pada tahun 1952, mempunyai efek yang bisa membawakan lingkungan sekitar ruangan menjadi sangat luar biasa dengan sentuhan desain modern. Struktur kawat yang melengkung digabung menjadi sebuah bentuk yang organik. Meskipun bentuknya simple tapi juga mempunyai struktur yang cukup rumit.



Kursi ini memiliki sense of sculpture yang kuat, bentuk dinamis yang dibuat dari kawat baja, lekukannya yang berlanjutan bisa dilihat dari sudut manapun, permukaan ruang yang sempurna, sehingga banyak desainer di luar mengaplikasikannya sebagai karya sculpture modern.



Bentuk keseluruhan dari kursi ini menggunakan baja yang dilas dengan powder coating, sehingga memiliki ketangguhan yang bagus dan stabilitas yang tinggi. Selain itu, juga tidak mudah berkarat meskipun menggunakan material bahan metal baja, tetapi ketika menduduk di atas dudukan kursi akan berasa nyaman dan menyesuaikan ergonomis tubuh manusia. Terdapat juga karet glider di dasar kaki kursi untuk melindungi permukaan lantai.


— ❹ —
Windsor Chair

Nama Windsor Chair berasal dari sebuak kota kecil di Inggris yang bernama High Wycombe. Kursi ini tercipta dari awal abad 17 sampai akhir abad 18, dan digunakan oleh rakyat biasa, dari rumah rakyat sederhana sampai dengan istana kerajaan pasti ada sebuah kursi Windsor.



Dilihat dari waktu kronologisnya, kursi Windsor yang tercipta sekitar tahun 1720 sampai sekarang sudah hampir mempunyai sejarah 300 tahun. Dalam waktu yang panjang ini dunia sudah berubah total namun kursi ini tetap masih trend pada zaman sekarang.



Kursi Windsor ini yang dibuat dari kayu Oak wood tidak hanya serat kayunya yang jelas, namun juga punya sentuhan yang soft, alami dan ramah lingkungan. Sandaran punggung menggunakan kayu solid full dengan teknik steam bent atau penguapan dan pembentukan. Desain sandaran punggung yang melengkung membuat lebih nyaman. Desain yang klasik selalu bisa bertahan lama seiiring waktu berjalan terus, memilih satu atau dua buah kursi ini diletakkan di dalam rumah tidak hanya bisa digunakan sebagai kursi makan tetapi juga bisa digunakan sebagai kursi kerja atau kursi belajar.


— ❺ —
Y Chair

Y Chair didesain pada tahun 1950, karena sandaran punggung yang bentuknya bagaikan huruf "Y" maka dinamakanlah "Y Chair". Ide desain dari kursi ini berasal dari kursi klasik China (dinasti Ming), namun kursi Y lebih ringan dan memiliki tekstur yang indah.



Y Chair mengembangkan dari bentuk yang rumit menjadi sederhana, membuat Y Chair lebih terus terang dibandingkan dengan kursi dinasti Ming. Dudukan yang terbuat dari anyaman "Cord" semacam kertas yang dipilin seperti tambang (disebut juga: Paper Cord). Garis-garis dan sentuhan yang indah membuat kursi ini menjadi suatu gabungan antara keestetikaan yang abstrak dan penggunaan yang fungsional.



Kursi ini menyederhanakan kursi tradisional Cina yang berbentuk setengah lingkaran. Sandaran punggung didesain dengan bentuk huruf "Y" dikarenakan untuk menghindari persamaan bentuk pada lengkungan tangan kursi dan juga untuk menghindari ketidaknyamanan punggung. Sedangkan dudukan kursi yang menggunakan teknik anyaman lebih mendekati dengan tubuh manusia sehingga nyaman pada saat duduk.


— ❻ —
Ghost Chair

Ada beberapa desainer yang sangat tertarik dengan material transparan untuk menampilkan hasil yang maya dan juga nyata. Begitulah Ghost Chair yang merupakan hasil karya desain dari Valentina Glez Wolhers yang menunjukkan visibilitas yang tinggi.



Ghost Chair sebenarnya lebih mengarah ke gaya klasik dan kontemporer, tidak termasuk ke dalam gaya modern. Kursi ini aslinya menggunakan bahan resin transparan, sandaran punggung berbentuk bulat dan sandaran tangan yang bergaya Louise XVI, seluruh kursi yang transparan secara visual akan membuat ruangan menjadi lebih luas.



Ghost chair yang ini menggunakan bahan akrilik dan mempunyai berbagai macam warna transparan. Jika diletakkan di dalam rumah akan meningkatkan estetika ruangan kamu. Dengan desain yang semi transparan menghasilkan hasil visual yang memperbesar ruangan.


— ❼ —
Shell Chair

Shell chair merupakan salah satu karya desain yang klasik dari seorang desainer Denmark, Hans Wegner. Pada awalnya didesain pada tahun 1963, karena alasan proses pembuatan dan dana pembuatannya, kursi ini hanya dibuat sebagian. Sampai pada tahun 1877, seiring teknologi sudah mulai berkembang dan mempunyai dana yang cukup, Shell chair baru mulai diproduksi lagi.



Shell chair juga merupakan sebuah karya yang beribaratkan bunga yang telat bermekar. Pada saat diriliskan pada tahun 1963 masih belum banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat, malah dirilis ulang pada tahun 1998 baru menjadi pusat perhatian semua orang di dunia ini dan pada saat itu juga mendapatkan banyak penghargaan desain.



Shell chair yang dibuat dari ash wood ini sangat digemari oleh orang-orang bagian Eropa Utara. Desainnya menyesuaikan dengan ergonomi tubuh manusia, sehingga tingkat kenyamanan sangat tinggi. Dengan material solid wood asli, membuat kursi ini sangat tahan lama dan juga fungsional. Warna yang tidak mencolok dan juga elegan menampilkan kualitas hidup yang bagus.


— ❽ —
Egg Chair

Pada tahun 1958, seorang arsitek dari Denmark bernama Arne Jacobsen melahirkan desain kursi Egg Chair untuk desain furniture pada area lobby dan penerimaan tamu Hotel Royal di Copenhagen. Bentuk luarnya yang mirip dengan cangkang telur juga menciptakan suatu ruangan yang santai. Semenjak muncul di dunia desain interior dan mebel, sampai saat ini sudah banyak direplika oleh banyak pekerja mebel.



Egg chair dengan desain yang uni ini dapat diletakkan di area manapun pada rumah kamu dan ditambahkan dengan standing lamp di samping, sebuah carpet berbulu, menciptakan suatu sudut untuk menyantai yang cozy dan tenang.



Egg chair ini mempunyai lekukan garis yang indah dan bentuknya yang simple, warna yang hangat ceria, menyampaikan inspirasi dari desainer terhadap kemanusiaan dan keminimalisan. Sensasi desain yang menonjol membuat tubuh manusia nyaman melakukan aktivitasnya.

Comments

Popular Posts